5 Cara untuk Mencegah Diare pada Balita

Anak-anak, terutama balita yang pengalaman yang sangat rentan. Diare dapat membuat dehidrasi anak dan kesulitan mencerna makanan. Penyakit ini sering membuat orang tua cemas karena membuat anak tidak nyaman dan bisa berbahaya jika tidak ditangani dengan baik. Berikut di bawah ini adalah bagaimana untuk mencegahnya:

1. Rutin membersihkan rumah untuk tetap bersih

Cara pertama adalah yang paling mudah untuk tetap bersih dengan pembersihan secara teratur setiap area rumah, mencuci mainan, alat makan anak-anak, dann area khusus yang terpisah untuk hewan peliharaan.

5 Cara untuk Mencegah Diare pada Balita
5 Cara untuk Mencegah Diare pada Balita

2. Ajarkan anak untuk mencuci tangan

tangan adalah sarang dari bakteri karena semua kegiatan yang dilakukan oleh anggota-anggota tubuh ini, termasuk makanan. Jika tidak dibersihkan secara teratur, bakteri dari luar itu bisa masuk ke mulut dan menyebabkan diare pada anak-anak. Ditambah periode balita adalah waktu untuk menjelajahi semua anak di sekitarnya.

Ibu bisa mengajarkan dan mengingatkan anak Anda untuk mencuci tangan dengan sabun setaip selesai menyentuh benda-benda di ruang terbuka. Selain itu, setelah anak bergerak, sebelum menyentuh makanan dan setelah buang air besar.

3. Menjaga kebersihan anggota keluarga di rumah

Virus yang menyebabkan diare pada anak-anak dapat bergerak cepat melalui bersin, batuk, atau tidak mencuci tangan mereka setelah menyentuh mulut. Ibu bisa mencegah diare pada bayi Anda untuk mengingatkan orang-orang di rumah untuk datang untuk menjaga kebersihan pribadi.

4. Memasak makanan dengan kematang sempurna

Makanan yang dimasak sangat dianjurkan untuk dikonsumsi untuk mencegah diare pada anak-anak. Melalui proses pemanasan, mikro-organisme yang menyebabkan diare akan hilang. Apalagi bila ditambah dengan proses pencucian bersih.

Bukan hanya makanan, ini juga berlaku untuk minuman. Selalu memberikan air atau susu yang telah dimasak sampai mendidih. Hindari memberikan terlalu banyak makanan manis, seperti jus buah tinggi gula, soda, manis es teh yang gizi anak dipertahankan.

5. Melakukan Vaksin rotavirus

The Canadian Pediatric Masyarakat menjelaskan bahwa anak-anak di bawah 5 tahun akan mengalami diare, setidaknya sekali, karena rotavirus. Vaksin rotavirus harus diberikan pada anak usia 6-32 minggu, jika di atas itu, ada bahaya komplikasi serius muncul.

Leave a Reply