October 22, 2019
5 Manfaat Kacang Macadamia untuk Kesehatan

5 Manfaat Kacang Macadamia untuk Kesehatan

Ngemil kacang memang dapat sebabkan kita ketagihan, apalagi sukar untuk berhenti. Apalagi sambil nonton tv atau film kesukaan, sambil ditemani minuman yang segar. Pas banget, ya?

Jenis kacang terhitung bermacam-macam, ada kacang tanah hingga macadamia yang kaya manfaat. Ngomong-ngomong soal kacang macadamia, tahukah anda kalau kacang berwarna putih ini mempunyai segudang nutrisi untuk kesehatan?

5 Manfaat Kacang Macadamia untuk Kesehatan
5 Manfaat Kacang Macadamia untuk Kesehatan

Berikut manfaat kacang macadamia di bawah ini:

1. Mencegah lapar

Kacang berwujud bulat ini memiliki kandungan banyak lemak tak bosan tunggal, dan serat. Kedua nutrisi itu dapat menolong kita menjadi kenyang lebih lama, sehingga tak mudah lapar.

2. Camilan sehat untuk diet

Karena dapat menghambat lapar, kacang macadamia dapat jadi camilan sehat bagi yang sedang diet. Selain itu, mengutip jurnal PubMed tahun 2014, kacang macadamia adalah sumber asam palmitoleat atau omega-7.

Dalam penelitian pada domba yang diberi asam palmitoleat sepanjang 28 hari, hasilnya tunjukkan ada penurunan berat badan sebanyak 77 persen. Studi lain terhitung menemukan, bahwa tikus yang memakan minyak alami berasal dari macadamia ukuran sel lemaknya mengecil setelah 12 minggu.

3. Menurunkan risiko sindrom metabolik

Sindrom metabolik adalah keadaan di mana meningkatnya risiko diabetes, stroke, hingga penyakit jantung. Termasuk juga, tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol, dan berlebihan lemak di perut.

Tentu kalau sudah begini, kesehatan perlahan menurun. Untuk menghambat itu, anda dapat memakan kacang macadamia sebagai camilan penangkal berbagai penyakit mematikan tersebut.

Sebuah penelitian di dalam jurnal terbitan PubMed menemukan: risiko pada sindrom metaboliknya jadi menyusut seumpama seseorang yang makan satu hingga tiga ons kacang macadamia; terutama pada orang yang diabetes tipe-2.

4. Menjaga kesehatan usus

Manfaat kacang macadamia seterusnya adalah dapat merawat kesehatan usus. Melansir database jurnal PubMed, serat di dalam kacang macadamia melakukan tindakan sebagai probiotik yang jadi makanan utama bakteri baik di usus.

Dengan begitu, bakteri baik dapat menghasilkan asam lemak rantai pendek (scfa); layaknya asetat, butirat, dan propionat yang dapat mengurangi peradangan dan juga merawat berasal dari penyakit di usus besar.

5. Melindungi otak

Pada penelitian di dalam Bosnian journal of basic medical sciences tahun 2014, kandungan tocotrienol di dalam kacang macadamia menolong merawat sel-sel di otak berasal dari pengaruh glutamat.

Dengan begitu, mengonsumsi kacang macadamia dapat merawat otak berasal dari penyakit Alzheimer, dan parkinson. Namun sayangnya, penelitian selanjutnya tetap hanya pada hewan, dan belum ada penelitiannya pada manusia.

Leave a Reply