August 25, 2019
5 Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan

5 Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan

Kembang kol kerap di sediakan sebagai campuran sup atau ditumis bersama dengan sayuran lainnya. Rasanya yang condong hambar bersama dengan tekstur renyah membuatnya cukup ‘fleksibel’ untuk disantap dalam bentuk apapun.

Tak hanya itu, persentase nutrisi yang ada terhadap kembang kol terhitung terlampau beragam. Bahkan, tipe sayuran ini diklaim terlampau baik untuk diet karena persentase seratnya yang tinggi dan persentase kalori yang rendah. Senyawa unik yang ada di dalam kembang kol mampu mengurangi risiko beragam penyakit, seperti penyakit jantung sampai kanker.

5 Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan
5 Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan

Berikut ulasan berkenaan manfaat kembang kol:

1. Melancarkan pencernaan

Kembang kol kaya dapat serat yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Serat berikut dapat meningkatkan jumlah bakteri baik yang mampu mengurangi inflamasi dan meningkatkan kebugaran pencernaan.

Selain itu, sebuah belajar berjudul Health Benefits of Fruits and Vegetables terhadap 2012 mengungkapkan, konsumsi sayuran kaya serat seperti kembang kol mampu turunkan risiko beberapa penyakit, terhitung penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

2. Menurunkan berat badan

Kembang kol menjadi tidak benar satu tipe sayuran yang disarankan untuk menu diet. Ia hanya mengandung 25 kalori per cangkir, supaya kita tak harus risau mengalami kenaikan berat badan meski mengkonsumsinya dalam jumlah banyak.

Hal ini mengakibatkan kembang kol mampu dijadikan sebagai pengganti makanan tinggi kalori seperti nasi dan tepung. Dengan persentase serat yang tinggi, kembang kol terhitung mampu memperlambat penyerapan makanan dan menciptakan rasa kenyang yang lebih lama.

3. Antikanker

Kaya dapat antioksidan, kembang kol mampu menjaga sel tubuh berasal dari radikal bebas dan inflamasi. Studi berjudul Cruciferous vegetables: dietary phytochemicals for cancer prevention terhadap 2013 menunjukkan, dua senyawa anti oksidan –glucosinolate dan isothiocyanates yang terbukti memperlambat perkembangan sel kanker.

Tak hanya itu, kembang kol mengandung sulforaphane yang menolong menekan perkembangan kanker. Sulforaphane ini menekan perkembangan kanker bersama dengan menghambat enzim yang terlibat terhadap perkembangan tumor dan kanker.

4. Mencegah penyakit jantung

Kandungan sulforaphane terhadap kembang kol terhitung berperan dalam menghambat penyakit jantung. Menurut belajar yang dipublikasikan dalam jurnal PMC tahun 2015, sulforaphane mampu menolong mengurangi tekanan darah, serta menjaga kebugaran pembuluh darah.

Bahkan, kembang kol terhitung mengandung komponen lain yang mampu menghambat penyakit jantung, seperti; vitamin C, serat, kolin, karotenoid, dan flavonoid.

5. Melancarkan kinerja organ tubuh

Tahukah kamu, kembang kol mengandung senyawa kolin yang berperan penting untuk melancarkan kinerja tubuh, lho. Banyak orang yang mengalami defisiensi kolin, dan tak banyak tipe makanan yang punyai persentase senyawa ini.

Kolin punyai peran utama dalam menjaga integritas membran sel, sistem sintesis DNA, dan menolong metabolisme. Senyawa kolin terhitung terlibat dalam perkembangan otak dan produksi neurotransmiter yang penting untuk kebugaran sistem jaringan.

Leave a Reply