October 22, 2019
Tidak Hanya Pedas, Banyak Manfaat Cabai untuk Kesehatan Tubuh

Tidak Hanya Pedas, Berikut Manfaat Cabai untuk Kesehatan Tubuh

Di balik rasanya yang pedas, ada berbagai manfaat cabai untuk kesehatan. Manfaat ini bisa didapat karena cabai mengandung berbagai macam nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Ada berbagai nutrisi dalam cabai yang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk protein, karbohidrat, gula, serat, lemak, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, zat besi, magnesium, potasium, air dan capsaicin. Namun, jangan makan berlebihan cabai, karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Tidak Hanya Pedas, Banyak Manfaat Cabai untuk Kesehatan Tubuh
Tidak Hanya Pedas, Banyak Manfaat Cabai untuk Kesehatan Tubuh

Jika dikonsumsi secara alami, manfaat cabai yang bisa didapat antara lain:

1. Mengatasi hidung tersumbat

Mengkonsumsi makanan yang mengandung cabai dapat membantu meringankan hidung tersumbat. Tapi, jangan terlalu berlebihan jika Anda tidak ingin sakit perut dan mengalami diare.

2. Meredakan rasa sakit

Kandungan capsaicin dalam cabai mampu meredakan rasa sakit, sehingga sering dimasukkan dalam salep atau krim untuk meredakan nyeri otot dan persendian. Anda mungkin merasakan sensasi panas saat mengoleskan salep atau krim yang mengandung capsaicin, tetapi rasa sakit pada otot dan persendian yang Anda rasa bisa berkurang.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C yang terkandung dalam cabai bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C juga dikenal baik untuk kesehatan kulit.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Meski masih perlu penyelidikan lebih lanjut, kandungan capsaicin yang ditemukan dalam cabai diyakini mampu mengurangi kadar kolesterol dan mencegah penyumbatan pembuluh darah yang menyebabkan penyakit jantung.

5. Mencegah kanker

Kandungan karotenoid dalam cabai memiliki sifat antioksidan, sehingga dapat melawan sel-sel penyebab kanker. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan mengenai peran cabai dalam memerangi sel kanker.

6. Bakar lemak tubuh

Mengkonsumsi cabai secukupnya dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Ini karena kandungan capsaicin yang ditemukan dalam cabai dapat meningkatkan pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh.

7. Memperpanjang hidup

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan pedas setidaknya sekali seminggu cenderung memiliki umur yang lebih panjang.

Bagi Anda yang merasakan kepedasan setelah mengonsumsi makanan yang mengandung cabai, disarankan untuk minum susu atau mengonsumsi makanan bertepung, seperti roti, untuk menghilangkan rasa pedas.

Ada berbagai manfaat cabai saat dikonsumsi dalam jumlah sedang. Namun jika berlebihan, cabai bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda mengenai batasan konsumsi cabai yang aman.

Leave a Reply