Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Pencernaan

Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Pencernaan
Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Pencernaan

Pisang matang sangat lezat untuk dimakan. Di balik rasanya yang manis, pisang juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan. Manfaat pisang yang beragam dapat dengan mudah diperoleh dengan mengkonsumsinya secara teratur.

Begitu banyak kebaikan terkandung dalam pisang, nutrisi yang terkandung dalam pisang termasuk karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, kalium (kalium), dan magnesium. Dengan berbagai khasiat nutrisinya, banyak manfaat pisang yang dapat diperoleh tubuh.

Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Pencernaan
Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Pencernaan

Berikut ini adalah berbagai manfaat pisang untuk kesehatan tubuh Anda.

  • Sebagai sumber energi yang baik selama aktivitas fisik atau olahraga.
  • Membantu otot bergerak dengan baik.
  • Membantu mengatur detak jantung, tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung. Pisang juga dapat membantu mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.
  • Menangkal dampak kerusakan sel dan jaringan, manfaat pisang terkait dengan kandungan antioksidan pisang.
  • Meringankan tugas membersihkan darah oleh ginjal.

Manfaat Pisang untuk Pencernaan

Manfaat pisang juga penting untuk pencernaan Anda. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapat.

  • Apakah Anda sakit perut? Cobalah mengatasinya dengan mengonsumsi pisang karena salah satu manfaatnya dapat membantu meringankan masalah pencernaan. Manfaat pisang yang mengandung serat dan berbagai nutrisi sangat baik untuk kesehatan pencernaan.
  • Cocok sebagai suplemen untuk program diet. Pisang adalah buah yang mengandung serat. Makanan berserat dapat memperlambat proses pencernaan. Akibatnya, Anda akan merasa kenyang lebih lama dan membuat Anda makan lebih sedikit.
  • Mengatasi sembelit. Berlaku khusus untuk konsumsi pisang matang. Namun hati-hati karena efeknya akan berbalik jika Anda makan pisang yang masih hijau alias belum matang.
  • Pisang yang belum matang adalah sumber esensi pati resisten, yang merupakan makanan bagi bakteri baik di usus besar, dan dengan demikian meningkatkan sistem pencernaan sambil menjaga kesehatan saluran pencernaan Anda.
  • Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi sayuran dan buah-buahan, termasuk pisang, dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Ini diduga terkait dengan kandungan serat dan antioksidan dalam pisang.

Cara Makan Pisang Sehat

Pisang matang dapat langsung dimakan atau diolah menjadi berbagai jenis makanan ringan. Menurut para ahli, pisang bisa menjadi camilan yang lebih sehat daripada biskuit.

Tapi ingat untuk menghindari mengkonsumsinya dengan menggorengnya, seperti membuatnya pisang goreng atau pisang molen. Menggoreng dapat mengubah manfaat pisang menjadi merugikan, karena sebenarnya berisiko menghilangkan kandungan gizi dan meningkatkan kadar lemak jenuh, yang dapat menyebabkan Anda mendapatkan kolesterol tinggi, obesitas, diabetes, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Jadi bagaimana Anda mengolah pisang sehingga barang yang terkandung di dalamnya bisa bertahan?

Dibuat sebagai jus atau smoothie. Anda bisa menambahkan susu rendah lemak, madu, dan buah-buahan lainnya.
Campur irisan pisang dengan oatmeal. Agar lebih bergizi, Anda bisa menambahkan buah atau almond lainnya.

Pisang campur juga bisa dicampur ke dalam adonan kue bolu. Selain bisa menambah rasa, kue bolu buatan rumah Anda juga bisa lebih bergizi.

Menerapkan selai kacang ke pisang juga bisa menjadi pilihan yang sehat.

Untuk mendapatkan deretan manfaat pisang yang disebutkan di atas, seimbangkan gaya hidup sehat dan konsumsi pisang dengan cara yang bijak.

Be the first to comment

Leave a Reply